Searching...
Tuesday, August 12, 2014

Google Bikin Kabel Bawah Laut Bernilai Rp3,5 Triliun

Google Bikin Kabel Bawah Laut Biaya Rp3,5 T (Foto: Electronista)
CALIFORNIA - Google bekerjasama dengan perusahaan telekomunikasi Asia membangun kabel bawah laut yang menghubungkan Amerika Serikat dengan Jepang. Biaya pembuatan kabel bawah laut ini mencapai USD300 juta atau sekira Rp3,5 triliun.

Dilansir Businessinsider, Selasa (12/8/2014), mesin pencari Google dan lima perusahaan telekomunikasi Asia serta perusahaan komunikasi menyetujui investasi USD300 juta. Proyek ini mengembangkan dan mengoperasikan jaringan kabel trans-pasifik yang menghubungkan AS dengan Jepang.

Dinamakan FASTER, jaringan kabel ini akan memiliki kapasitas 60 terabits per detik dan akan menghubungkan Los Angeles, Portland, San Francisco, Oregon dan Seattle dengan Chikura dan Shima di Jepang.

NEC Corp akan menjadi pemasok sistem untuk jaringan kabel, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pembangunan akan dimulai segera. Jaringan akan siap untuk layanan pada kuartal kedua 2016.

Jaringan tersebut juga akan dapat terhubung ke sistem kabel tetangga untuk memperluas kapasitasnya di luar Jepang ke negara Asia lainnya. Google saat ini mengoperasikan layanan internet 'Fiber' TV  super cepat dan layanan internet di area metropolitan Kansas City.

Selain itu, raksasa internet tersebut juga mencoba untuk memperluas jaringannya untuk kota lainnya di Amerika Serikat. Kabarnya, beberapa perusahaan yang terlibat dalam proyek tersebut antara lain China Mobile International, China Telecom Global, TIME Dotcom Bhd Global Transit serta KDDI Corp dan Singapore Telecommunications Ltd. (ahl)

0 komentar:

Post a Comment

 
Back to top!