Searching...
Saturday, August 09, 2014

Danau Yamur, Surga Dunia di Tanah Papua


Satu lagi objek wisata alam yang wajib Anda kunjungi ketika Anda sedang liburan di tanah Papua. Masyarakat setempat menyebutnya Danau Yamur. Danau Yamur berada di Desa Fak-Fak. Para pengunjung dari luar Papua dapat mencapai lokasi ini dengan menempuh perjalanan udara dari Jayapura menuju ke Fak Fak. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Belum sampai di Danau Yamur saja, Anda dan pengunjung lainnya akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat indah dan masih asli dan asri. Sepanjang jalan anda akan melihat hamparan tanah menghijau karena ditumbuhi rerumputan liar. Intinya Anda akan takjub dengan alam yang tak lain adalah salah satu ciptaan Tuhan.
Danau Yamur lokasinya tak begitu jauh dari Teluk Cendrawasih. Tepatnya di sebelah selatan Teluk Cendrawasih. Sesampainya di Danau Yamur, Anda bebas menghirup udara bersih dan segar sebanyak-banyaknya. Sepanjang mata memandang, yang terlihat adalah hamparan air jernih yang sangat luas. Maklum area perairan di danau ini sebesar 3187 hektar. Pemandangan danau semakin indah dengan adanya pantulan langit biru yang terlihat di permukaan air danau yang tenang. Namun Anda diminta untuk berhati-hati ketika berada di Danau Yamur ini karena danau ini memiliki kedalaman yang pastinya tidak aman bagi para pengunjung. Bahkan untuk kegiatan berenang pun sepertinya  masih dilarang.
Danau Yamur memiliki sejumlah nama lain seperti Danau Jamur, Ha Meer, Ha Lake, dan Jamoer Meer. Ternyata nama-nama ini diberikan oleh para turis yang pernah berkunjung ke sini. Ada juga yang menamai Danau Yamur ini dengan sebutan danau raksasa karena areanya yang sangat luas. Berbagai jenis ikan langka dapat ditemukan di sini. Sebut saja ikan berjenis Ambassis Agramus, Nematolasa Erebi, Craterocephalus Randi, dan Varia Jamoerenssis. Bagi Anda yang hobi memancing, boleh kok memancing di danau ini. Tentunya akan terasa menyenangkan ketika berada di sini. Di siang hari Anda dapat menghabiskan waktu santai Anda dengan memancing, lalu di sore harinya Anda bersiap-siap menyambut sunset di sini.
Sayangnya karena letaknya yang cukup jauh dari pusat keramaian, fasilitas wisata di sini bisa dibilang sangat minim. Jadi bagi Anda yang berencana untuk berkunjung ke Danau Yamur, sebaiknya siapkan segala kebutuhan Anda agar nantinya tidak mengalami kesulitan selama berada di sana. Kemudian kenakan pakaian yang nyaman karena cuaca di Danau Yamur dan sekitarnya sering berubah-ubah. Cuaca bisa langsung berubah menjadi sangat panas setelah matahari terbit. Jangan lupa untuk selalu sedia kantong plastik sebagai tempat untuk menyimpan sampah-sampah dari bekas makanan atau minuman yang Anda bawa. Ingat, hindari membuang sampah sedikit pun di lokasi-lokasi wisata alam yang masih asli seperti Danau Yamur ini.

danau yamur, tanah papua, wisata alam, wisata papua, irianjaya

0 komentar:

Post a Comment

 
Back to top!