Searching...
Saturday, August 09, 2014

Kepulauan Raja Ampat Papua Barat, Surga Bawah Laut Terbaik di Indonesia

 Raja Ampat merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Papua Barat. Hampir 85 persen wilayah kabupaten ini berupa lautan dan sisanya berupa pulau – pulau kecil yang berjumlah sekitar 600 pulau. Dari 600 pulau, ada 4 pulau besar yakni Pulau Misool, Waigeo, Batanta, dan Salawati.
Selain empat pulau tersebut, hanya ada 35 pulau yang sudah berpenghuni. Baru sekitar 400 pulau di kepulauan ini yang sudah dieksplorasi sedangkan sisanya masih belum pernah terjamah oleh tangan manusia.
Sebagian besar penduduk yang tinggal di kepulauan Raja Ampat ini bekerja sebagai nelayan. Mereka tinggal di perkampungan kecil yang terpisah dengan kampung lain. Masyarakat di sini sangat ramah dan baik. Mereka dengan senang hati menerima tamu dari luar. Jika Anda berkunjung ke sini, sebaiknya bawalah permen dan pinang kemudian berikan kepada mereka karena masyarakat setempat menganggap bahwa barang ini merupakan tanda perdamaian.
Kepulauan ini mempunyai potensi wisatta alam yang luar biasa. Destinasi wisata di Papua Barat ini dikenal dengan kekayaan alam bawah lautnya yang menjadi salah satu spot diving terbaik di dunia karena memiliki flora dan fauna bawah laut yang sangat beragam.
Berdasarkan penelitian, kepulauan Raja Ampat memiliki 75 persen dari seluruh spesies karang yang ada di dunia. Dengan banyaknya spesies karang di sini, secara otomatis juga ada banyak sekali spesies ikan karang. Tidak hanya itu saja, di sini Anda juga dapat bertemu dengan ikan duyung, ikan pari manta, ikan barakuda, kuda laut, penyu, hiu karang, tuna, dan masih banyak lagi.

papua, raja ampat, wisata papua, hotel di papua, wisata alam, surga bawah laut

Sisa perang dunia II juga bisa ditemui di perairan kepuluan ini seperti bangkai pesawat perang yang ada di dekat Pulau Wai. Mayoritas wisatawan yang berlibur ke sini adalah penyelam dari luar Indonesia. Bagi wisatawan yang tidak bisa menyelam, Anda tetap dapat menikmati panorama pantai yang indah, melihat peninggalan prasejarah, wisata budaya, wisata kuliner, menikmati suasana pedesaan, mendaki bukit karang, melihat burung cenderawasih, dan masih banyak lagi.
Saat berlibur di kepulauan Raja Ampat, Anda memiliki pilihan untuk menginap di resort atau di dalam kapal pinisi yang telah dimodifikasi. Jika Anda menginginkan pengalaman yang lebih mengesankan, sebaiknya Andas memilih menggunakan kapal pinisi. Tetapi, untuk tinggal di kapal pinisi selama 7 hari, Anda harus menyiapkan budget lebih dari Rp 100 juta. Kapal pinisi ini mampu menampung sampai 14 orang.
Untuk mencapai Raja Ampat, jika dari Jakarta Anda harus terbang dari menuju Sorong. Penerbangan biasanya akan transit di Makasar atau Manado. Penerbangan tersebut memakan waktu sekitar 6 jam. Setelah sampai di Sorong, Anda dapat menggunakan kapal untuk sampai di Raja Ampat dengan lama perjalanan sekitar 3 jam.
Jika ingin hemat, Anda bisa naik kapal dari Jakarta ke Sorong. Walaupun murah, cara ini memerlukan waktu yang sangat lama karena harus transit di beberapa kota besar. Perjalanan tersebut bisa memakan waktu sampai 1 minggu.

papua, raja ampat, wisata papua, hotel di papua, wisata alam, surga bawah laut

0 komentar:

Post a Comment

 
Back to top!