Searching...
Thursday, August 14, 2014

Polisi Maroko Tangkap Jaringan Perekrut Militan ISIS

Polisi Maroko tangkap jaringan perekrut militan ISIS (Foto: Reuters)
MADRID - Polisi Maroko, bekerja sama dengan pihak berwenang Spanyol berhasil menangkap anggota jaringan perekrut militan Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS). Setidaknya sebanyak sembilan orang pun ditangkap pihak kepolisian.

“Semua mereka yang ditangkap adalah warga negara Maroko, beberapa di antaranya memiliki akses kuat ke wilayah Spanyol dan mereka dicurigai telah menjalankan operasi ke Kota Fnideq, Tetouan dan Fez,” tutur pihak Kementerian Luar Negeri Spanyol, seperti dikutip Reuters, Kamis (14/8/2014).

“Jaringan ini sebelumnya berfungsi untuk melakukan perekrutan, dukungan finansial dan pengiriman anggota militan ke wilayah konflik,” tambahnya.

Sebelumnya pada bulan Juni 2014,  dua wanita muda Spanyol yang salah satu dari mereka masih di bawah umur ditangkap di Spanyol. Penangkapan ini dilakukan setelah mereka dicurigai mencoba untuk bergabung dengan para militan ISIS.

Seperti diketahui, kelompok militan ini memang melakukan perekrutan anggota dari seluruh penjuru dunia termasuk, Inggris, Prancis dan Amerika Serikat (AS). Kelompok yang dikenal kerap menggunakan kekerasan ini melancarkan kampanye perekrutannya dengan memanfaatkan sejumlah media sosial.

Hal ini memicu para pemimpin dunia mulai memperketat pengawasannya terhadap warga negaranya yang diduga terlibat dalam kelompok ISIS.(ang) (rhs)

0 komentar:

Post a Comment

 
Back to top!