Searching...
Monday, August 18, 2014

Pendiri Wikileaks Tinggalkan Kedutaan Ekuador

LONDON - Pendiri Wikileaks Julian Assange mengumumkan akan meninggalkan kantor Kedutaan Besar Ekuador di London. Mengingat keberadaannya selama ini di Kedutaan Ekuador untuk bersembunyi selama dua tahun.

Melansir dari The Week, Senin (18/8/2014), Assange bersama Menteri Luar Negeri Ekuador Ricardo Patino menyelenggarakan konferensi pers. Dalam konferensi pers tersebut Assange dilaporkan sedang membutuhkan perawatan serius terkait masalah jantung dan paru-paru.

Sebelumnya, Pada 2012 Assange dilaporkan meminta perlindungan ke kedutaan Ekuador setelah pihaknya kalah dalam menempuh jalur hukum untuk menghindari ekstradisi ke Swedia.

Assange dituduh telah melakukan pelecehan. Namun, dia menyangkal tuduhan itu dan meminta tidak ingin dipulangkan ke Swedia karena takut dirinya akan kembali diekstradisi ke Amerika Serikat (AS).

Assange dilaporkan mengetahui tentang bocornya dokumen rahasia milik AS terkait masalah perang di Afghanistan dan Irak. Dalam konferensi pers tersebut  Assange secara langsung menyerahkan diri ke polisi dengan kondisi fisik yang tampak lemah.

Meski demikian, Assange tidak menjelaskan alasan mengapa dirinya memutuskan untuk meninggalkan Kedutaan Ekuador usai dirinya menetap di sana selama dua tahun.(ang) (rhs)

0 komentar:

Post a Comment

 
Back to top!